Hujan!

Aku susuri jalan ku di tengah derai hujan.. karena aku tak ingin engkau melihat.. bahwa saat ini aku menangis

Ketika

Betapa risaunya negeri ini, ketika tentara dan peluru senjata jadi kata-kata yang nyata

Bunga

Kamulah bunga yg mekar di taman hati indah rupawan parasmu menebarkan harum

Bersama

Saat teduh mataku meredup di sandaranmu.. sentuhlah keningku dengan ciuman indahmu

Prev Next

Jelajahi Taman Wisata Alam Pulau Menipo

 
(Kupang) - Rupanya Pulau Timor juga menyimpan potensi wisata alam yang tak ternilai, namun sayangnya kurang populer terdengar di telinga dunia pariwisata lokal.

Salah satu potensi wisata alam ini adalah Taman Wisata Alam Pulau Menipo. Lokasi yang terletak sekitar 118 km ke arah timur dari kota Kupang ini merupakan tempat wisata yang berspesifikasi cagar alam dengan luas sekitar 2.450 hektare.

Taman Wisata Alam Pulau Menipo sangat unik karena menawarkan tiga jenis wisata alam sekaligus. Yang pertama adalah wisata flora dengan koleksi tumbuhan mulai dari hutan kering, padang rumput savana, sampai dengan hutan bakau.

Kedua adalah wisata fauna. Di dalam Taman Wisata Alam Pulau Menipo ini terdapat beberapa jenis hewan langka yang merupakan spesifik hewan Pulau Timor, misalnya saja: Rusa Timor, Ular Sanca Timor, burung Kakatua Putih Jambul Kuning, dan juga berbagai jenis penyu laut yang dilindungi.
 
 
 
Ketiga, tentunya berupa wisata pantai berpasir putih. Pantainya sendiri juga unik, karena terbentuk dari abrasi ombak laut selama ribuan tahun. Panorama unik pantainya adalah adanya bukit pasir setinggi 15 meter di sisi Barat Pulau Menipo. Bukit pasir ini bentuknya seringkali berubah-ubah, tergantung tiupan angin yang menerpanya.

Secara garis besar, Taman Wisata Alam Pulau Menipo ini menawarkan berbagai macam eco tourism bagi pengunjungnya. Ada pun yang bisa dilakukan di obyek wisata ini adalah berkemah, olahraga lintas alam, berselancar di pantai, dan hunting foto panorama.
 
 
 
Datanglah ke lokasi pantainya saat bulan purnama, khususnya pada bulan Agustus sampai November. Lho, ada apa memangnya? Saat itulah kita bisa melihat atraksi penyu yang bertelur di pantai, khususnya saat air pasang. Hampir bersamaan saatnya, kita juga bisa melihat telur penyu menetas dan mengamati tukik (anak penyu) berenang ke laut lepas.

Satu pemandangan indah lagi adalah saat cuaca cerah di malam hari, karena kita bisa melihat kerlap-kerlip lampu pesisir pantai utara benua Australia. Pengalaman unik di perbatasan dua benua nih!

Leave a Reply